Published September 24, 2022 by with 1 comment

Perbedaan Mahasiswa Zaman Dulu dan Sekarang

 

Perbedaan mahasiswa dulu dan kini

Terlepas dari apa yang telah ditulis pada kompasiana.com, pada posting ini dorokabuju akan paparkan beberapa perbedaan berdasarkan pengamatan.

Mahasiswa dulu itu kebanyakan kurus-kurus dikarenakan mereka sering begadang mengerjakan tugas dari dosen karena keterbatasan media mahasiswa membuat makalah dengan mesin ketik atau rental komputer dengan berbagai opsi ada yang mengetik sendiri ada juga menggunakan jasa pengetikan rental tergantung dari budget sementara mahasiswa sekarang tidak lagi melakukan hal itu, hampir seluruh mahasiswa sekarang memiliki laptop masing-masing dan koneksi internet yang selalu standby sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya ditambah lagi referensi sudah tersedia di internet tinggal copy paste.

Mahasiswa tahun 90-an bahkan menuju tahun 2000-an nurut aja apa yang ditugaskan oleh dosen dengan kata lain tidak ada penolakan karena mereka sadar ini adalah merupakan proses dan sebagai pembentukan mental untuk menghadapi kondisi yang sebenarnya di masyarakat nanti, sementara mahasiswa sekarang manja-manja ketika diberikan tugas tidak sah rasanya kalau belum diproses terlebih dahulu kemudian minta pengurangan porsi bahkan tidak jarang juga minta agar tidak ada tugas.  Proses perkuliahan pun relatif selesai dengan cepat bukan karena semata-mata kepintaran tetapi untuk mendapatkan nilai sangatlah mudah. Beda dengan mahasiswa-mahasiswa zaman dulu nilai C saja luar biasa syukurnya.

Selanjutnya bagi anda yang membaca postingan ini silakan memberikan tanggapan berdasarkan pengalaman dan pengamatan saudara terkait perbedaan mahasiswa dulu dan sekarang. Silakan ditulis pada kolom komentar terima kasih.
(DK-MG)

1 komentar:

  1. Dari pengamatan & pengalaman yg ada bhw Mahasiswa zaman dulu lebih kpd Mujahadah & Tawakal, sedangkan Mahasiswa sekarang dominan kpd ketergantungan🙏🙏🙏

    BalasHapus

Silakan titip komentar anda..