Published September 22, 2022 by with 0 comment

Tim Doro Kabuju mengisi Kegiatan Khataman al-Qur'an di Lingkungan Kabanta Kelurahan Nungga Kota Bima


Tim Dorokabuju mendapat undangan keluarga di Lingkungan Kabanta Kelurahan Nungga, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu 21 September 2022 dalam rangka kegiatan Khataman al-Qur'an dan Khitanan. 

Tim DK star dari kampus IAIM Bima ba'da Maghrib dengan menggunakan kendaraan roda dua (motor) masing-masing dengan mengambil jalur barat yaitu melewati Pena Nae, Nggarolo lalu melewati tanjakan yang lumayan ruram untungnya jalanan telah di aspal. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 30 menit. 

Kabanta acap kali disebut Kampung Lebah, atau Kampung Madu. Perkampungan kecil yang dihuni 400 jiwa itu adalah sentra penjualan madu khas Bima. Madu asli penuh cita rasa, berkhasiat, dan tenar di seantero nusantara. Selain berkutat berburu madu, bertani lebah, dan mengemasnya, rata-rata warga setempat beraktivitas dengan bertani di ladang dan menenun.

Keunikan madu khas Kabanta memang menjadi nilai tambah bagi warga setempat dan memesona buat pengunjung yang hendak bertandang. Maklum, selain madu dan ragam hasil karya para perajin tenun—hingga juga berjuluk Kampung Tenun, Kabanta menyimpan potensi nuansa alam perbukitan yang masih alami, sejuk, dan sedap buat mata memandang.


Usai pembukaan, kegiatan awali dengan acara khataman Al-Quran oleh Ananda Eka berjalan penuh dengan hidmat dan menuai rasa penuh haru serta bangga orang tua dan keluarga.


Mengingat waktu begitu cepat berlalu protokol segera melanjutkannya dengan acara Haflatul Qur'an yang pada kesempatan ini dibacakan oleh 3 qori yang pertama oleh Qori cilik Sahlil Putra asli Kabanta yang sebelumnya mendapatkan juara 2 tingkat Kecamatan Rasanae Timur. Pembaca kedua dilantunkan oleh Qori Muhammad Nadzir merupakan mahasiswa Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima semester 5 mengambil program studi Pendidikan Agama Islam, kemudian dilanjutkan dengan lantunan Indah suara khas Qori' Wawan Setiawan juga merupakan Mahasiswa IAIN Bima semester 5 pada prodi yang sama.



Lalu tiba saatnya acara yang ditunggu-tunggu oleh semua warga yakni penyampaian Hikmah Khitanan dan Khatamul Qur'an yang disampaikan oleh Ustaz Dr. Abdul Munir, M.Pd.I yang juga merupakan dosen Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima yang saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) juga merupakan wakil ketua III Badan amil zakat (BAZNAS) Kabupaten Bima serta Penyuluh Agama Non PNS Kabupaten Bima masa tugas sesuai SK 2019-2024.


Dalam uraiannya Doktor Munir menyampaikan agar semua warga lingkungan Kabanta yang notabenenya 100% beragama Islam agar memastikan diri, keluarga dan masyarakat disinari cahara al-Qur'an karena sebagian saja dari Al-Quran itu akan diberikan Syifa' dan Rahmah bagi orang-orang mukmin yang membaca, memahami serta mengamalkannya.
Pada akhir tausiahnya ust. Doktor membacakan doa untuk keselamatan semua warga lebih khusus warga lingkungan Kabanta juga mendapatkan keberkahan serta senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah Ta'ala dari segara bala, bencana dan mara bahaya.


0 comments:

Posting Komentar

Silakan titip komentar anda..