Published Agustus 14, 2023 by with 0 comment

Penyuluh Agama Islam Award Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Bima 2023


 Kemenag_Kab.Bima, Penyuluh Agama Islam Award Tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima digelar pada hari Senin, 14 Agustus 2023 di Auditorium Kantor Kemenag Kabupaten Bima yang dihadiri oleh unsur pimpinan dan semua penyuluh Agama Islam baik PNS maupun Non-PNS Kabupaten Bima.

Sebelum Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bima menyampaikan Sambutan sekaligus membuka kegiatan Penyuluh Award tersebut didahului beberapa sesi yaitu diawali pembacaan ayat al-Qur'an l oleh Ust. Muslim H.Arahim, MA. Selanjutnya panjatan do'a yang dipimpin oleh Ust. Dr. Abdul Munir, M.Pd.I., keduanya merupakan penyuluh Agama Islam lingkup Kementerian Agama Kabupaten Bima. Kemudian dilanjutkan pengantar oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas) H. Sudirman H. Hasan, S.Pd.I., M.Si. Dalam pengantarnya Kasi Bimas menyampaikan terkait perkembangan penyuluh kini dan kedepannya antara lain SK penyuluh non-ASN yang akan berakhir berakhir pada tahun 2024 dimana tidak ada lagi rekrutmen baru, melainkan diperpanjang berdasarkan kinerja. Artinya, mana kala kinerja penyuluh selama periode 2019 s/d 2024 mendapatkan nilai thayib (baik), secara otomatis akan diperpanjang. Demikian sebaliknya, bila Naqis (minim) maka tidak diperpanjang SK penyuluhnya.

Muslim H.A.Rahim, S.Pd.I, MA.

Selanjutnya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bima H. Mujiburrahman, S.Ag., menekankan agar seluruh penyuluh Agama Islam lingkup Kementerian Agama Kabupaten Bima memaksimalkan kinerjanya karena mereka adalah gardan terdepan di tengah masyarakat yang memberikan bimbingan keagamaan, pencerahan atau penyuluhan pembangunan melalui bahasa agama kepada kelompok sasaran.

Dr. Abdul Munir, M.Pd.I

Sesi berikutnya usai istrahat dilanjutkan penyampaian materi terkait tugas dan fungsi penyuluh agama yang disampaikan oleh H. Muhammad Syafi'i, S.Pd. dalam penyampaiannya Kasubag TU bahwa penyuluh harus memiliki ide dan gagasan minimal jangan asal kopi paste apalagi yang kita rujuk itu tidak berdasar yang menjadikan masyarakat bingung dan sesat. Beliau melanjutkan, dalam melakukan penyuluhan tak usah yang bermuluk-muluk yang sederhana saja seperti bagaimana sholat yang benar, tajwid dll. Dan poin inti adalah mengelaborasi 7 kategori Penyuluh Award.

Kasubag TU H. Muhammad Syafi'i, S.Pd.

Terakhir, materi disampaikan oleh H.Abbas, S.Sos.I sebagai Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kabupaten Bima beserta Gumawan, S.HI (Peserta Penyuluh Award tingkat Nasional) bagaimana kiat-kiat dalam menyuluh dan yang harus dipersiapkan dalam "Penyuluh Award".

Kiri: Ust. Gunawan, S.HI
(Peserta Penyuluh Award yang berhasil masuk 10 besar tingkat Nasional)

Kanan: H. Abbas, S.Sos.I


Tengah: Kasi Bimas Islam H. Sudirman, S.Pd.I., M.Si

 

Kedua dari Kiri: Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bima H. Mujiburrahman, S.Ag.


 

Peserta Penyuluh Agama Islam Award tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima 2023

0 comments:

Posting Komentar

Silakan titip komentar anda..