Published September 02, 2022 by with 1 comment

Mahasiswa KKN PAR IAIM Bima 2022 membuat masyarakat Wora Kec. Wera Terkesan

Kegiatan Haflah al-Qur'an di Wora Wera

Wora - Wera, Mahasiswa KKN dari Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima saat ini sedang menjalankan kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa tiap tahunnya. Tahun 2022 ini pihak kampus menjadwalkan lokasi KKN pada dua kecamatan yaitu Kecamatan Wera dan Kecamatan Ambalawi di antaranya Desa Wora Kecamatan Wera Kabupaten Bima. 

Kamis 1 September 2022 posko Wora mengadakan kegiatan Haflah Al-Qur'an dengan tema "Al-Qur'an Solusi Selamatkan Generasi" disambut dengan meriah oleh masyarakat Wora yang tumpah ruah sepanjang jalan di depan posko KKN.

Kegiatan Haflah al-Qur'an ini dimeriahkan tim kasidah rebana dari PKK Desa Wora. Pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah dilanjutkan penyampaian kata sambutan. Sambutan pertama dari ketua posko Idham yang mendapat sambutan haru dari masyarakat sehingga dia tak sanggup menahan air mata yang menetes dipipi. Penyampaian kata sambutan kedua oleh Kepala Desa Wora diwakili oleh Sekretaris Desa lalu disampaikan oleh Dr. Khairuddin, M.A. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terakhir kata sambutan sekaligus menbuka acara kegiatan secara resmi disampaikan oleh Muliawan Ariadi, S.Sos (selaku anggota DPRD Kabupaten Bima dapil Bima 4.



Pada acara inti kegiatan Haflah al-Qur'an didahului Tilawah al-Qur'an secara berturut di mulai oleh Qori' Al-Munawar (mahasiswa PBA IAIM Bima), Qoriah Nia (Mahasiswa UM Bima), Quri' Suparman, S.Pd.I ( Ketua LPTQ Kec. Wera), Eka Sulistiawati ( Mahasiswa PTIQ Jakarta), Qori Muhammad Wawan ( Mahasiswa PAI IAIM Bima). 

Usai Haflah Al-Qur'an pembacaan Tilawah yang spektakuler dilanjutkan Ceramah oleh Da'i Kondang Dr. Abdul Munir, M.Pd.I ( Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab juga sebagai Wakil Ketua Baznas Kambupaten Bima periode 2022-2027). 

Dalam uraiannya Dr. Abdul Munir menekankan tiga hal, pertama pastikan setiap muslim baik pribadi, keluarga, lingkungan disinari cahaya Al-Qur'an, kedua, pastikan kita selalu update keilmuan agar ibadah dapat dijalankan dengan benar, ketiga, genggam kuat-kuat generasi dengan ilmu agama dan al-Qur'an.(MG)

1 komentar:

Silakan titip komentar anda..