Published September 09, 2022 by with 1 comment

Bupati Bima Membuka STQ Tingkat Kecamatan Sape Tahun 2022

Arena Utama STQ Tingkat Kecamatan Sape 2022

 Sape-Dorokabuju., Malam pembukaan Seleksi Tilawah al-Qur'an (STQ) Tingkat Kecamatan Sape Jum'at, 13 Safar 1444 Hijriah bertepatan dengan 09 September 2022 Miladiah berlangsung dengan meriah dengan antusias masyarakat yang begitu tinggi.

Setelah Isya', sepanjang jalan pelabuhan Sape dipenuhi oleh peserta pawai ta'aruf star dari Masjid Besar Al-Munawwarah Sape hingga arena utama (halaman Kantor Camat Sape). Peserta pawai ta'aruf ini diikuti sekitar 150 regu yang terdiri dari seluruh desa se-kecamatan Sape, seluruh elemen pemerintah, sekolah mulai PAUD hingga SMA yang ada di Sape, seluruh kelompok Taman Pendidikan al-Qur'an serta seluruh Majelis ta'lim.

Lantunan ayat-ayat al-Qur'an mengawali acara pembukaan malam ini yang dibacakan Qori' Ustadz Irwan H. Ridwan, S.HI. dilajutkan baca do'a oleh kepala KUA Sape H. Sudirman, S.Pd.I., M.Si. kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ dan laporan ketua panitia serta pelantikan Dewan Hakim oleh Camat Sape.

Subhan Ismail, S.Pd.I selaku ketua panitia menyampaikan dalam laporannya bahwa tujuan diadakan STQ adalah dalam rangka upaya nyata mengentas buta baca al-Qur'an dan sebagai syiar serta persiapan untuk jenjang dan tingkat selanjutnya. Ketua melanjutkan, mata lomba yang digelar pada STQ 2022 ini adalah cabang tilawah dan tahfizh semua gololongan.

Dalam sambutan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE. menyatakan sape selalu juara pada MTQ dan STQ itu semua diawali dari TPQ/TPA. Umi Dinda sapaan bupati juga menghimbau agar masyaraka tetap mejaga Kerukunan Umat Beragama dan menjunjung tinggi nilaj-nilai budaya. Di akhir sambutannya umi Dinda menitip harapan agar dewan hakim menilai secara objektif dan profesional.

Selain Bupati Bima hadir juga beberapa pejabat antara lain Kabag Kesra (Kesejahteraan Rakyat) H. Jubair, S.Ag. dan rombongannya, Kadis Kominfo Kab. Bima, Kadis Disnaker Kab. Bima, Ketua Baznas Kab. Bima diwakili Ketua III Dr. Abdul Munir, M.Pd.I. dan beberapa camat.

Camat Sape Muhammad Akbar, S.P., M.Si., menyampaikan rasa optimisnya bahwa STQ 2022 ini lebih kompetitif dan sengit karena Qori' Qoriah dari kecamata sape selalu menjadi jawara pada tingkat-tingkat selanjutnya ditandai dengan juara umum beberapa kali berturut di tingakt kabupaten. (MG)



1 komentar:

  1. Semoga MTQ lancar dan menghasilkan Juara yang berakhlak Qur'an

    BalasHapus

Silakan titip komentar anda..